Peran etika dalam rekayasa produk

Aktifitas Etika dalam proses rekayasa

Proses rekayasa terbagi atas :
1. Identifikasi kebutuhan fungsi
2. Analisis fungsi
3. Membangkitkan alternatif/ide
4. Menentukan alternative
5. Membuat prototipe
6. Ujicoba
7. Implementasi

Proses identifikasi kebutuhan fungsi merupakan kegiatan terpenting dalam proses rekayasa. Dimana pada proses ini membutuhkan informasi mengenai kebutuhan yang diinginkan oleh pelanggan. Sehingga proses penambahan fungsi dapat sesuai dengan yang diinginkan oleh pelanggan. Misal ukuran, berat, tampilan, ketahanan, dsb. Setelah mengidentifikasi fungsi dibutuhkan pencarian data, fakta, serta apa yang diyakini orang selama ini sebagai fakta,dll.
Peran etika dibutuhkan dalam kegiatan mengidentifikasi fungsi sebagai dasar penentu dalam menilai apakah penambahan fungsi tersebut telah sesuai asas-asas moral yang berlaku secara umum.

Proses analisis fungsi harus mampu menjawab tujuan, rencana, hasil akhir yang ingin dicapai, langkah-langkah yang diperlukan, informasi tambahan yang diperlukan. Semakin sulit masalah yang akan dipecahkan maka barang yang dihasilkan akan semakin bermanfaat.
Peran etika dibutuhkan dalam kegiatan analisis fungsi sebagai dasar dalam menganalisa apakah langkah langkah yang telah diterapkan sesuai dengan aturan yang terdapat dalam hokum.

Proses pembangkitan idea atau alternatif sangat membutuhkan ide kreatifitas dari pada pengetahuan ketika sebuah masalah muncul. Dalam hal ini kita dapat menggunakan alat bantu (misal diagram pohon, diagram paretto,dll)
Peran etika dibutuhkan dalam kegiatan proses pembangkitan ide atau alternatif sebagai dasar dalam konsep pengembangan. Dimana konsep pengembangan alternatif yang diusulkan harus murni dari konsep pribadi, bukan sebagai kegiatan plagiat.

Menentukan alternatif sangat dibutuhkan dalam memilih dari berbagai macam alternatif yang ada. Dengan demikian kita dapat menentukan arah dari konsep pengembangan fungsi. Dimana alternatif yang dipilih terlah memenuhi beberapa persyaratan, misalnya memenuhi kebutuhan konsumen, tidak merugikan konseumen, tidak memerlukan biaya investasi peralatan yang mahal, serta dapat meningkatkan keuntungan dari perusahaan, dll.
Dalam hal ini peran etika sebagai dasar pertimbangan dalam memilih alternatif (misal produk telah sesuai dengan normal moral dan asusila yang berlaku).

Membuat prototype dibutuhkan dilakukan dengan membuat model dari produk yang akan diproduksi. Dimana dalam proses ini dilakukan analisis secara mendalam sebelum produk diproduksi secara masal. Analisis dilakukan dalam rangka pemilihan bahan baku, sifat dari bahan baku serta kebutuhan akan bahan baku dalam memproduksi 1 buah produk.
Peran etika dibutuhkan dalam proses membuat protoype sebagai dasar pemikiran dalam pemilihan bahan baku yang aman bagi konsumen. Misal bahan baku dari melamin, timbal tidak dipergunakan sebagai bahan baku karena berbahaya bagi konsumen.

Proses uji coba merupakan tahap akhir dari proses rekayasa sebelum implementasi produk. Analisis yang dilakukan dapat berupa ketahanan dari produk, efek samping dari produk, biaya dalam proses produksi, kenyamanan dan keamanan.
Dalam hal ini etika berpengaruh dalam menentukan hasil akhir apakah produk tersebut layak dipasarkan ke konsumen atau tidak.

Implementasi merupakan tahap akhir dari proses rekayasa, dimana produk hasil percobaan mulai diuji coba pada area produksi. Pada proses ini dilakukan analisis pada kemampuan mesin dalam memproses barang, kemampuan produksi maksimal dari mesin, serta keuntungan yang diperoleh oleh perusahaan.
Etika berpengaruh dalam menentukan harga jual dari produk, dimana harga yang ditetapkan harus sesuai dengan fungsinya.

2 Comments »

  1. stephenkho Said:

    dit, tak kasih comment…
    artikelnya lumayan bagus…
    mungkin bisa ditambah lagi apakah peran etika pada keseluruhannya…

  2. dellasminoda Said:

    dit, artikel mu lumayan bagus…
    tp akan lebih bagus lagi kl mencari lebih banyak referensi lagi,sehingga lebih mendalam…ok..


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: