Tanggapan etika dalam rekayasa

Eksperimentasi dalam Etika Rekayasa

Peran manusia sangat memegang peran penting dalam melakukan sebuah percobaan. Dimana manusia sangat menentukan maju atau mundurnya sebuah eksperimen. Akan tetapi etika memegang peranan penting dalam mengarahkan arah dari tujuan penelitian. Tingkat kereatifitas dari setiap personel sangat diperlukan dalam membuat hal-hal yang revolusioner. Jika kreatifitas seseorang telah dipasung maka akan sangat sulit mengembangkan sebuah penelitian. Dalam hal ini kreatifitas sangat dipengaruhi dari lingkungan tempat peneliti bekerja.

Pada kasus mengembangkan pisang goreng yang enak memang dibutuhkan percobaan berkali-kali hingga menemukan takaran yang sesuai guna menghasilkan pisang yang enak. Serta resep merupakan hasil kreatifitas dari si pembuat. Hal ini menunjukan bahwa kreatifitas sangat dituntut dalam menghasilkan sesuatu yang baru, selain itu dibutuhkan semangat pantang menyerah jika menemui sebuah kegagalan dalam proses percobaan tersebut. Dengan memiliki kedua sifat mendasar tersebut, niscaya kegiatan rekayasa akan memperoleh hasil yang diharapkan.

Tetapi perlu diingat selama proses rekayasa kita harus mentaati aturan yang berlaku.Misal aturan hukum, aturan sosial. Sehingga hasil yang diperoleh tidak menimbulkan efek negatif pada masyarakat.

1 Comment »

  1. youda Said:

    kurang banyak dit,.,tapi its ok lah


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: